Menyikapi Makna Lomba 17 Agustus

Sunday, September 2, 2012 Leave a Comment



Kalian pernah mengikuti atau berpartisipasi lomba dalam rangka kemerdekaan negara kita pada tanggal  17 agustus ?? yahh tentu pasti saya dan kalian ikuti perlombaan itu . .
Perlombaan apa yang begitu bermakna itu ???
Oke saya akan jabarkan beberapa perlombaan yang menyangkut perjuangan negara kita . .
   
1.  Panjat Pinang
Dalam lomba ini sering kali kita liat orang yang melakukan lomba ini terus mengambil barang berharga di atasnya dan tentu ada bendera merah putih di atasnya(Biasanya). . kalian tau ketika para pejuang kemerdekaan ini mengganti bendera jepang yang berkibar di hotel(saya lupa namanya ) dan di ganti bendera merah putih. Mereka terus berjuang menarik bendera jepang itu dari atas tiang bendera, mereka saling berpangku diatas pundak mereka , dengan penu semangat juang mereka terus berjuang . .
Dan apa yang terjadi ??
Banyak yang tumbang dan mati terkena tembakan orang jepang pada waktu itu, namun apakah semudah itu para pejuang kita menyerah ?? mereka terus berdatangan untuk mengganti bendera itu, walau harus jatuh dan mati . . nah kita bisa memahami bahwa panjat pinang itu begitu bermakna bagi kita.
2.    Makan kerupuk  yang di ikat dengan tidak menggunakan tangan
pada masa itu kita bahkan mencari makan saja susah, mau berpegan dengan siapa saja susah, dan percaya dengan siapa saja sulit, karena masa itu masa penindasan bagi kita, kita harus berjuang sendiri tanpa memihak orang jepang.
      3. Tarik tambang
Di waktu itu, kita sering di tarik sana sini, di buang sana sini, bahkan para ulama dan pejuang di asingkan di berbagai tempat, begitu seterusnya ,seperti tarik tambang.
      4. Balap karung
Saat itu masyarakat indonesia tidak bebas untuk mengemukakan pendapat, bahkan mereka harus menuruti pemerintah jepang pada masa itu, kalau tidak disiksa atau di penjara dan dibunuh . dan masyarakat waktu itu dijadikan pekerja romusha. Yah begitulah bila kita terjatuh dari balap karung, akan terasa sakit, namun kita terus kedepan untuk memperjuangkan kemenangan kita .

0 comments »

Leave your response!

Masukan teks yang kalian inginkan di sini